Wednesday, October 5, 2011

Back of My Departement

+TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)+
Monitoring beberapa minggu lalu memberikanku sebuah penekanan kembali tentang semua hal yang pernah berlarian dalam pikiranku, atau mungkin juga teman-teman yang lain. Tentang sistem kurikulum pelajaran produktif kami para jurusan TKJ.

Yah, Teknik Komputer dan Jaringan. Sudah jelas dari nama teknik tersebut. Kurikulum yang mengarah lebih ke bidang jaringan. Namun selama 3 tahun menuntut ilmu di sekolah pelajaran yang diberikan tidaklah lebih menjurus ke Jaringan Komputer. Pelajaran kami sangat variatif dan membingungkan  kami rasa. Pemprograman, Animasi, Microcontroler Robotik, dan semacamnya.

Sempat pernah ada penolakan bantahan dari para siswa, dan ternyata itu hanyalah SEBUAH PIKIRAN TERBATAS dari kami para siswa. Kami belum mengerti tujuan sebenarnya dari pihak jurusan memberikan sistem kurikulum seperti itu. Yang nyatanya adalah pihak jurusan tak ingin anak didiknya hanya memiliki pengetahuan terbatas seperti yang dialami sebagian besar dari instansi sekolah lain yang bahkan untuk pengetahuan database-MySQL dasar pun adalah O (nol). Tapi, apakah dengan variasi macam program pelajaran tersebut maka dilupakanlah yang namanya SPESIFIKASI? Spesifikasi yang kami rasakan pun akan terbukti hanya pada ujian akhir saat kami berada di tingkat 4 (dengan porsi pelajaran Network yang sama dengan pelajaran yang lain). Dan Aku harus MAMPU kan?!!!! :) 

+Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL)+
Magang? tanggung jawab yang besar. Baik dalam prapelaksanaan, pelaksanaan, atau pascapelaksanaan.

*Prapelaksanaan
Segala sesuatu pasti dibutuhkan sebuah persiapan yang matang agar pelaksanaan pun dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Persiapan dari pihak instansi dapat dikatakan cukup dalam pembagian industri.

*Pelaksanaan
Selain bertanggung jawab kepada pihak instansi sekolah, kami, para siswa pun memiliki tanggung jawab yang besar kepada industri. Melaksanakan semua tugas dengan baik harus dipatri dalam pikiranku agar mampu memberikan yang terbaik pula industri yang bersedia menjadi tempat pelatihanku 6 bulan ini.

*Pascapelaksanaan
Ini dia, tidak ada sesuatu tanpa lepas dari pertanggungjawaban.  Termasuk PKL kami kali ini. Sampai sejauh ini info dari teman-teman tentang judul laporan magang sudah aku terima. Berbagai kata-kata rumit ada dalam list tersebut. Pastilah sebuah pekerjaan yang berkualitas yang telah mereka laksanakan. Aku sendiri belum tahu akan mengangkat bahasan tema apa untuk pertanggungjawabanku ke instansi sekolah.
Jika seumpama aku mengambil bahasan animasi, apakah dapat dikatakan aku belum paham dengan tujuan TKJ yang lebih ke Networknya ? Namun di sisi lain, aku memang benar mandapatkan tugas untuk urusan Flash dibanding partner kerjaku di sini yang sama sekali tak diberi mandat untuk urusan ini. Dan justru mereka yang dengan percaya dirinya akan membawa bahasan ini untuk laporan mereka. Entahlah.

No comments:

Post a Comment

Small Cute Hot Pink Pointer