Pages

Friday, August 17, 2012

Dirgahayu RI ke-67 :)

17 Agustus 2012, Negaraku, Indonesia telah mengalami kemerdekaan sejak 67 tahun yang lalu. Tujug belas Agustus 1945 Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi sebagai wujud pembebasan diri negaraku dari jajahan negara lain. Dan kini pun, presiden kami, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan ulang teks proklamasi di Istana merdeka.
Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.
Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta


Berbicara tentang peringatan kemerdekaan Indonesia, biasanya bangsa kami mengadakan upacara pengibaran bendera merah putih, dan juga adanya lomba-lomba untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan ini. Dalam kata lain, untuk merekatkan tali persaudaraan antara bangsa Indonesia, dan tentu saja sebagai rasa syukur kami atas merdekanya Indonesia.
Enam puluh tahun lalu, saat aku masih duduk di bangku SMP (Junior High School) aku berkesempatan menjadi tim paduan suara dalam upacara pertama peringatan Kemerdekaanku di sekolah. Sayang sekali meski aku anggota Paskibra, aku masih belum memiliki kesempatan untuk menjadi (setidaknya) pengiring pengibar bendera Merah Putih. Hingga tahun berikutnya aku baru dipercaya untuk memegang baki bendera saat upacara peringatan Hari Pendidikan tanggal 2 Mei. Saat itulah pertama kali aku menjadi petugas upacara hingga berkelanjutan sampai sebelum aku pasif dalam organisasi tersebut karena jadwal persiapan lomba Matematika yang setiap hari diadakan. Dan selama menjadi petugas upacara, pastilah posisi yang aku duduki adalah sebagai pengibar bendera atau tim paduan suara.
Pasukan Paskibraka Istana Merdeka, pernah aku bermimpi untuk berada di antara sekelompok orang itu. Yah, aku perah menuliskannya di lembar biodata yang diminta teman sekelas BTAQ-ku saat di tingkat satu. “Cita-cita : Menjadi pengibar bendera di Istana Merdeka”. Salah seorang kakak kelas kakak perempuanku adalah salah satu orang yang berkesempatan untuk menjadi bagian dari pasukan paskibraka, selain bangga karenanya, mereka juga diberi reward wisata ke luar negeri. Saat itu, Australia Utara adalah tempat yang menjadi kunjungan mereka.

No comments:

Post a Comment

Small Cute Hot Pink Pointer