Friday, March 14, 2014

Google Webmaster




Dalam dunia website, SEO bukan lagi jadi hal yang baru. Terlebih jaman sekarang, dimana website dapat dimiliki oleh semua orang dari berbagai kalangan. Adanya jasa pembuatan website murah, bahkan gratis dapat dibilang menjadi tantangan para pemilik website/blog untuk dapat memunculkan site miliknya di google pencarian terutama (paling tidak) 10 halaman pertama. Lalu, bagaimana caranya? Satu-satunya jawaban adalah dengan membuat site menjadi SEO Friendly. Apakah sulit? Seharusnya tidak, karena berbagai artikel tentang SEO sudah sangat mudah ditemukan di mesin pencari Google. Dan hebatnya lagi, Google turut membantu memberikan layanan SEO yang biasa disebut dengan Google Webmaster.  
Anda ingin ditemukan orang di web. Kami menawarkan tangan.

Dapatkan data, alat, dan diagnositik agar situs Anda lebih cocok dengan Google.

Di dalam Google Webmaster, terdapat berbagai tools-tools sebagai penunjang agar site kita menjadi SEO Friendly. Dan beberapa hari lalu, blog ini saya uji cobakan. Jika ingin mencoba, silahkan kunjungi link ini. Berikut SS nya.
Verifikasi Blog capture-motion ke Google Webmaster
Verifikasi Blog ke Google Webmaster

Hal pertama dan mutlak harus dilakukan adalah mendaftarkan email kita ke Google Webmaster. Biasanya, untuk blogger, url site kita otomatis ter-submit ke Google Webmaster. Tampak dalam screenshoot, blog capture-motion.blogspot.com terlah tersubmit bahkan telah terverifikasi.

Speed test page dari google webmaster untuk capture-motion.blogspot.com
Pagespeed dari Google Webmaster
Page speed blog saya ternyata masih sangat lemah. Belum mencapai angka 80. Di sana, terdapat saran solusi yang dapat kita ikuti .
Saran solusi optimasi gambar
Saran solusi Untuk Optimasi Gambar
Tips untuk blog atau website yang terdapat banyak gambar dalam kontennya adalah dengan menghindari penggunaan ekstensi file *.bmp . Lebih baik gunakan png untuk gambar yang terdiri dari sedikit warna, dan gunakan jpeg/jpg untuk gambar yang terdapat banyak warna (biasanya gambar photography, dsb).

Tidak hanya itu saja, Google Webmaster memiliki tools yang sangat memudahkan kita untuk memantau perkembangan dan laju statistik pengunjung/visitor blog. Dan juga fasilitas Addwords yang memungkinkan kita memasukkan keyword tentang site kita agar cepat ditemukan pengunjung. Dengan begitu, kita dapat mengetahui apakah blog/site yang kita buat telah sesuai harapan atau belum.

Terlepas dengan keinginan optimasi site agar SEO Friendly, entah kenapa saya tidak berkeinginan agar blog saya mudah ditemukan oleh orang-orang. Hoho. Bagi saya, blogging hanyalah untuk bersenang-senang, melatih kemampuan menulis, mendeskripsikan sesuatu dan juga perasaan, serta mengeksplore imajinasi. Itulah sebabnya, hanya artikel inilah yang bisa dibilang sebagai artikel paling serius di blog saya :D Dan ini pun masih tidak dapat terlepas dari "curhatan" sang pemilik. #malu


Comments
1 Comments
Widget Comment FB-Blog

1 comment:

Small Cute Hot Pink Pointer